Monday 13 June 2016

Pengertian Kencur Deskripsi dan Manfaatnya sebagai Obat Herbal

Deskripsi


Kencur adalah tanaman kecil yang tumbuh merapat dengan tanah dan tidak memiliki batang. Rimpang bercabang-cabang dan berdesakkan, serta warna cokelat. Daun berbentuk jorong, pangkal daun berbentuk jantung, serta berujung lancip. Permukaan daun bagian atas tidak berbulu, sedangkan bagian bawah berbulu.

Helaian daun bagian pinggir berwarna merah kecokletan, sedangkan bagian tengah berwarna hijau, jika diremas memberikan aroma harum, bunga kencur berwarna putih.

Tanaman ini dapat tumbuh dimana saja serta dapat digunakan sebagai tanaman hias atau tumpang sari. Tumbuh baik pada tempat yang gembur serta sedikit terlindung. Perkembanganbiakan kencur dengan rimpang.
 Pengertian Kencur Deskripsi dan Manfaatnya sebagai Obat Herbal

Penyakit yang dapat di obati dengan Kencur

Radang lambung
Kencur berukuran dua jari dikupas dan dicuci, lalu dikunyah dengan garam hingga lembut, kemudian telan. Lakukan tiga kali sehari hingga lambung terasa nyaman dan enak.

Batuk
Kencur datu jari dikupas dan dicuci, lalu dikunyah dengan sedikit hingga lembut, kemudian selama lima menit atau hingga rasa gatal berkurang. Lakukan tiga kali sehari hingga lambung terasa enak dan batuk hilang dengan berangsur.

Penawar Lelah
Kencur dua jari dihaluskan dengan satu sendok beras sangarai, satu jari lempuyang, dan satu biji cabai jawa. Setelah semua bahan dihaluskan, tambahkan air hangat secukupnya. Aduk hingga tercampur, saring dan segera diminum. Minum ramuan kencur ini dua kali dalam seminggu, semoga kelelahan akibat beraktifitas terasa berkurang dan tubuh merasa nyaman.

Itulah sekilas tentang Kencur dan Manfaatnya, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon